Bone Selatan Tak Kunjung Mekar, Begini Tanggapan Ajip Padindang

Foto. Anggota DPD RI / MPR RI DR. H. Ajiep Pandindang, SE, MM saat menggelar reses di Kabupaten Bone, Rabu (11/3/2020).

Terkini.id, Bone – Pemekaran Kabupaten Bone Selatan sampai hari ini semakin tak jelas ujung pangkalnya. Meski Pemkab Bone dan DPRD Bone telah sepakat untuk mengajukan daerah otonomi baru (DOB) yakni pemekaran Bone Selatan beberapa tahun yang lalu, namun belum membuahkan hasil sama sekali.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Dapil Sulsel, DR. H. Ajiep Padindang, SE., MM kepada terkini.id menjelaskan, jika DPD dan anggota DPR RI dari Bone telah bekerja maksimal mendorong percepatan pemekaran Bone Selatan sejak ada desakan dari bawah.

Namun kata Ajiep, pemekaran Bone Selatan terkendala atas kebijakan moratorium pembentukan DOB dari Dewan Pertimbangan Pembentukan Daeran Otonomi yang belum dicabut sampai hari ini.

“Kebijakan moratorium pembentukan DOB keluar pada saat Pak Jusuf Kalla menjabat sebagai wakil presiden tahun 2014, sekaligus menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Pembentukan Daerah Otonomi. Kebijakan moratorium tersebut sampai saat ini, belum dicabut” ungkapnya saat menggelar reses di Kabupaten Bone, Rabu (11/3/2020).

Anggota MPR RI tersebut kembali mengatakan, salah satu pertimbangan pemerintah pusat belum mencabut moratorium pembentukan DOB dikarenakan akan menambah beban dan pembengkakan anggaran dan kebutuhan jumlah pegawai yang otomatis membebani APBN.

“Moratorium ini sebenarnya juga berlaku untuk moratorium pembangunan gedung perkantoran, yang dapat menyebabkan pembengkakan anggaran rutin dan belanja pegawai. Jadi, kami ini bekerja, namun belum ada hasil karena terbentur dimoratorium tersebut” jelas anggota DPD dua periode Dapil Sulsel tersebut.

Komentar

Rekomendasi

Kominfo Ajak Awak Media Berikan Kesejukan di Tengah Wabah Covid-19

Lagi, MUI Bone Perpanjang Peniadaan Salat Jumat Sementara di Masjid

Bupati Bone Lepas Satgas Covid-19 Lakukan Disinfeksi Serentak

Ketua Fraksi Nasdem Dorong Pemda dan DPRD Segera Revisi Anggaran untuk penanggulangan COVID-19

Pimpin Rakor Penanganan COVID-19, Fahsar: Pantau Orang yang Masuk ke Bone dan Bentuk Gugus Tugas Setiap Desa

Tanggap Corona, Anggota Dewan Nasdem Bone Ini Turun Tangan Lakukan Disinfeksi

Kecelakaan Perahu di Sungai Walanae, Warga Pusungnge Ditemukan Tak Bernyawa

Bupati Bone Resmi Tunda Kegiatan Hari Jadi Bone Ke-690

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar