Kawali La Mangkau Akan Diarak Dipuncak Peringatan HJB ke-690

Foto. Bupati Bone, A. Fahsar M. Padjalangi (Kedua dari kanan) didampingi Ketua DPRD Bone Irwandi Burhan dan Kapolres Bone I Made Ary Pradana kompak mengenakan baju kawali La Mangkau saat launching di di salah satu cafe di Jl.Ahmad Yani Watampone, Kamis malam (12/3/2020). (Foto: Humas Pemda Bone)

Terkini.id, Bone – Bupati Bone DR.H.A.Fahsar Mahdin Padjalangi, menghadiri launching Baju Kawali Mangkau Patappulo Panre, di salah satu cafe di Jalan Ahmad Yani Watampone, Kamis malam 12 Maret 2020.

Acara tersebut dipandu oleh Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Bone, H.Barham Bachtiar.

Penggagas Kawali Mangkau, Alfian T. Anugrah menjelaskan secara gamblang mulai dari ide ini muncul, ijin ke Bupati Bone, gambar yang dibuat A.Baso Bone hingga dimulainya pembuatan “La Mangkau” oleh empat puluh pandai besi di Desa Lappo Ase Kecamatan Awangpone beberapa waktu lalu.

Alfian juga membuka donasi lewat baju bergambarkan badik mahakarya dari empat puluh panre, bagi yang ingin ikut andil mendukung pelestarian salah satu senjata tradisional Bugis Bone tersebut tanpa mengharapkan keuntungan.

“Saya tidak ingin keuntungan dari badik ini, karena saya yakin bahwa banyak pintu rejeki yang akan terbuka jika dimulai dengan niat yang baik” ungkap Mantan legislator Partai Golkar tersebut.

Sementara itu, A.Baso Bone Mappasissi selaku desainer “La Mangkau” menjelaskan bentuk dan makna yang terkandung dalam badik tersebut, mulai dari pamor, makna dari gambarnya, hingga lima asas pangadereng yang beliau kupas secara mendalam.

Bupati Bone A. Fahsar dalam sambutannya mengatakan, akan memaknai salah satu karya yang intelektual di puncak HJB 690 nanti.

Badik “La Mangkau” kata Fahsar akan diarak oleh empat puluh panre bessi (Pandai Besi) yang akan disaksikan masyarakat Bone dan yang akan menjadi sejarah untuk anak cucu kita kelak.

“Jadikan ini sebuah karya yang mendapat pengakuan oleh masyarakat” harap Fahsar, yang juga digadang-gadang sebagai Ketua DPD Golkar Sulsel.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Bone A.Irwandi Burhan, Kapolres Bone AKBP I Made Ari Pradana, Danyon C Plopor Brimob Kompol Nur Ichsan, beberapa Anggota DPRD Bone, Kepala OPD, Camat dan Pemerhati Budaya.

Komentar

Rekomendasi

Alami Gejala Covid-19, Satu Pasien Status PDP Diisolasi di RSUD Tenriawaru Bone

Politisi Muda PDIP Tegaskan DAK Fisik Dinkes Bone Segera di Realokasi Tanggap Covid-19

Bupati Bone Ambil Alih Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Bone Soft Lockdown, Dray: Kita Harus Siap Kemungkinan Terburuk

Mulai Hari Ini, Penyeberangan Bajoe – Kolaka Ditutup Untuk Angkutan Penumpang

Tak Miliki Rapid Test, Satgas PP Covid-19 Bone Sulit Deteksi Dini Orang Terinfeksi Virus Corona

Tak Indahkan Imbauan Pemerintah, Satpol PP Bubarkan Pengunjung Warkop

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Planet Cinema Terancam Ditutup Sementara

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar