Otoritas Pelabuhan Bajoe Terapkan Pemeriksaan Suhu Tubuh Antisipasi Covid-19

Foto. Otoritas Pelabuhan Bajoe mulai terapkan pemeriksaan suhu tubuh kepada setiap penumpang yang aka memasuki pelabuhan.

Terkini.id, Bone – Pihak otoriritas penyeberangan Pelabuhan ASDP Bajoe Kabupaten Bone mulai menerapkan pemeriksaan ketat terhadap penumpang dengan menggunakan alat thermometer infared atau alat pendeteksi suhu tubuh sebagai langkah antisipasi pencegahan penyebaran Corona Virus Disease atau Covid-19 yang sudah dinyatakan sebagi pandemik.

Tidak hanya penumpang, nakhoda dan anak buah kapal juga tak luput dari pemeriksaan oleh petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Wilayah Makassar Wilayah Kerja Bone.

Kepala Syahbandar Pelabuhan Bajoe, Muhammad Asgar kepada terkini.id Selasa 17 Maret 2020 mengatakan, pemeriksaan tersebut merupakan langkah strategik untuk mendeteksi lebih dini agar tidak terjadi penyebaran virus Covid-19 dipintu masuk pelabuhan.

“Selain pemeriksaan suhu tubuh juga dilakukan disinfeksi dengan melakukan penyemprotan antiseptik fasilitas umum di pelabuhan dan dek kapal. Semua pihak terlibat mulai dari pihak ASDP Bajo, KKP, KP3, Polsek Pelabuhan Polairut l, dan pihak Syahbandar sendiri,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makasar Wilayah Kerja Pelabuhan Bajoe, Drs.Serdi SKM, MKes menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan tenaga terdiri satu dokter dan dua perawat dibantu petugas lainnya untuk melakukan pemeriksaan kepada semua penumpang dan awak kapal.

“Setelah dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan thermometer infared dan apabila ditemukan penumpang yang memiliki suhu tubuh diatas 38 derajat tidak serta merta orang tersebut kami vonis terpapar virus corona,” jelasnya.

“Akan tetapi pihak KKP akan melakukan anamnesis (wawancara) kepada orang tersebut, sebagai pemeriksaan lebih lanjut. Yang bisa menentukan seorang terpapar virus corona hanya pihak Balitbangkes yang ada di Jakarta,” tambahnya.

Dari pantauan terkini.id, sejumlah petugas gabungan di Pelabuhan Bajoe menerapkan sistem satu pintu.

Dengan menggunakan masker dan kaos tangan lengkap, petugas memeriksa dengan ketat satu persatu penumpang yang akan memasuki kapal ferry.

Komentar

Rekomendasi

Bupati Bone Lepas Satgas Covid-19 Lakukan Disinfeksi Serentak

Ketua Fraksi Nasdem Dorong Pemda dan DPRD Segera Revisi Anggaran untuk penanggulangan COVID-19

Pimpin Rakor Penanganan COVID-19, Fahsar: Pantau Orang yang Masuk ke Bone dan Bentuk Gugus Tugas Setiap Desa

Tanggap Corona, Anggota Dewan Nasdem Bone Ini Turun Tangan Lakukan Disinfeksi

Kecelakaan Perahu di Sungai Walanae, Warga Pusungnge Ditemukan Tak Bernyawa

Bupati Bone Resmi Tunda Kegiatan Hari Jadi Bone Ke-690

Ditemukan Belanja di Warung, Bule Asal Prancis Diamankan Satgas Covid-19

Tim Gabungan Satgas Covid-19Kabupaten Bone Kembali Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar