Bone Masih Zero Corona, Satgas Covid-19 Tetap Imbau Sosial Distance

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bone, dr. Yusuf. (net)
Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bone, dr. Yusuf. (net)

Terkini.id, Bone – Kabupaten Bone sampai hari ini masih dinyatakan zero corona atau belum ada kasus dinyatakan positif corona (Covid-19).

Meski belum ada kasus dinyatakan positif Covid-19, namun Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemda Bone tetap menghimbau agar masyarakat tetap melakukan sosial distance (pembatasan interaksi) yakni dengan menjauhi perkumpulan, menghindari pertemuan massal, dan menjaga jarak antar manusia untuk mencegah potensi penyebaran virus corona (Covid-19).

“Saya kira langkah pemerintah meliburkan anak sekolah sampai 14 hari, dan menyarankan melakukan aktivitas dirumah dan membatasi interaksi dengan kerumunan massa adalah langkah untuk memutus mata rantai penyeberan Covid-19,” jelas Yusuf kepada Terkini.id, Jumat 20 Maret 2020.

Dijelaskannya kembali, pasien dalam pengawasan (PDP) yang diisolasi sebelumnya di RSUD Tenriawaru, telah diizinkan pulang oleh tim dokter karena tidak lagi mengalami demam dan keluhan batuk.

Dikatakannya kembali, sebelum pulang pasien PDP tersebut, telah dilakukan pengambilan spesimen swab oleh laporan dari TGC Dinas Kesehatan Kabupaten Bone untuk selanjutnya dikirim ke Provinsi.

“Selanjutnya pasien mengisolasi diri di rumah dengan mendapat pengawasan dari Puskemas Kading selama 14 hari terhitung saat masuk rumah sakit. Sebelumnya telah dilakukan edukasi kepada keluarga untuk mengurangi kontak dengan yang bersangkutan,” ungkapnya.

Dilanjutkannya kembali, satu pasien orang dalam pengawasan (ODP) yang sementara dirawat di RS Yasin, kondisinya stabil dan menunggu hasil pemeriksan radiologi.

Sedangkan satu orang dengan gejala mirip corona yg sempat di rawat di RS Hapsa, dirujuk ke RS Sinjai Kamis 19 Maret 2020 sekitar pukul 2.30 Wita.

“Untuk kasus ini walaupun tidak sepenuhnya memenuhi kriteria penegakan diagnosis covid-19, karena tidak pernah pergi ke daerah terjangkit atau kontak dengan orang konfirmasi covid-19, tapi demi keselamatan pasien maka tetap dirujuk” jelas dr. Yusuf, yang juga Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Bone.

Komentar

Rekomendasi

Kominfo Ajak Awak Media Berikan Kesejukan di Tengah Wabah Covid-19

Lagi, MUI Bone Perpanjang Peniadaan Salat Jumat Sementara di Masjid

Bupati Bone Lepas Satgas Covid-19 Lakukan Disinfeksi Serentak

Ketua Fraksi Nasdem Dorong Pemda dan DPRD Segera Revisi Anggaran untuk penanggulangan COVID-19

Pimpin Rakor Penanganan COVID-19, Fahsar: Pantau Orang yang Masuk ke Bone dan Bentuk Gugus Tugas Setiap Desa

Tanggap Corona, Anggota Dewan Nasdem Bone Ini Turun Tangan Lakukan Disinfeksi

Kecelakaan Perahu di Sungai Walanae, Warga Pusungnge Ditemukan Tak Bernyawa

Bupati Bone Resmi Tunda Kegiatan Hari Jadi Bone Ke-690

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar