Darurat APD, Satgas Covid-19 Bone Anggarkan Rp 1,2 Miliar

Foto. Sejumlah UPT Puskesmas mulai melakukan disinfektan sebagai langkah pencegahan Covid-19. (Ist)

Terkini.id, Bone – Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bone segera melakukan pengadaan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis dan para medis di sejumlah rumah sakit dan UPTD Puskesmas dengan besaran anggaran Rp 1,2 miliar.

Hal tersebut disampaikan Ketua Satgas Percepatan Penangangan Covid-19 Pemda Bone, Dray Vibrianto kepada terkini.id, Sabtu 21 Maret 2020.

Pengadaan APD kata Dray, menggunakan dana tak terduga di APBD yang dialokasikan untuk penanganan Covid-19.

“Anggaran penanganan Covid-19 dari anggaran tak terduga sebesar 1,5 miliar, dialokasikan untuk pembelian APD sebesar 1,2 miliar, selebihnya untuk biaya manajemen penanggulangan bencana, pencegahan, operasional dan edukasi. Selain itu, kami akan melakukan disinfektan ke fasilitas umum seperti perkantoran, pasar dan fasilitas umum lainnya,” jelasnya.

Terpisah, Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemda Bone dr. Yusuf mengatakan kondisi APD untuk tenaga medis dan tenaga kesehatan di rumah sakit dan puskesmas memang masih minim bahkan stok masker dan sanitizer di Puskemas sudah menipis.

Olehnya, APD ini kata dr. Yusuf menjadi skala prioritas untuk disediadakan untuk pelindungan para tenaga kesehatan dilapangan yang langsung bersentuhan langsung manakala ada pasien yang terindikasi Covid-19.

“Dari hasil koordinasi kami bersama tim satgas, APD seperti masker, jas lengkap, sanitizer akan segera diadakan. Disinfektan sementara kami lakukan di semua UPTD puskesmas” ungkapnya.

Yusuf kembali mengatakan, peralatan medis untuk penanganan Covid-19 di rumah sakit memang perlu menjadi perhatian, sehingga dukungan dari Pemda dan DPRD untuk langkah selanjutnya perlu dipikirkan terkait alokasi anggarannya.

Wakil Komisi IV DPRD Bone A. Muhammad Salam, mengatakan agar Satgas Covid-19 segera bertindak melakukan disinfektan dan pengadaan APD untuk tenaga medis sebagai langkah pencegahan mewabahnya covid-19.

“Segera adakan APD dan lakukan disinfektan sebagai langkah antitisipasi” ungkapnya.

Komentar

Rekomendasi

Bupati Bone Lepas Satgas Covid-19 Lakukan Disinfeksi Serentak

Ketua Fraksi Nasdem Dorong Pemda dan DPRD Segera Revisi Anggaran untuk penanggulangan COVID-19

Pimpin Rakor Penanganan COVID-19, Fahsar: Pantau Orang yang Masuk ke Bone dan Bentuk Gugus Tugas Setiap Desa

Tanggap Corona, Anggota Dewan Nasdem Bone Ini Turun Tangan Lakukan Disinfeksi

Kecelakaan Perahu di Sungai Walanae, Warga Pusungnge Ditemukan Tak Bernyawa

Bupati Bone Resmi Tunda Kegiatan Hari Jadi Bone Ke-690

Ditemukan Belanja di Warung, Bule Asal Prancis Diamankan Satgas Covid-19

Tim Gabungan Satgas Covid-19Kabupaten Bone Kembali Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar