Bentuk Tim Relawan Desa Tanggap Covid-19, Kepala Desa di Bone Ini Patut Dicontoh

Pemerintah Desa Kedai Kecamatan Mare bersama warganya melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan dengan menyasar masjid dan rumah warga sebagai langkah pencegahan Covid-19, Rabu Maret 2020. (Ist)
Pemerintah Desa Kedai Kecamatan Mare bersama warganya melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan dengan menyasar masjid dan rumah warga sebagai langkah pencegahan Covid-19, Rabu Maret 2020. (Ist)

Terkini.id, Bone – Tanggap terkait pencegahan wabah virus Corona (Covid-19), Kepala Desa Kadai Kecamatan Mare Kabupaten Bone ini patut dicontoh.

Bersama perangkat desa dan warga desanya, kepala desa ini sudah membentuk Tim Relawan Desa Tanggap Covid-19 yang aktif melakukan himbauan, sosialisasi, pendataan dan penyemprotan bahan disinfektan sebagai langkah proaktif untuk mencegah penyebaran virus Corona di desanya.

Kepala Desa Kadai Andi Hikmat Samad ketika dihubungi terkini.id Rabu 25 Maret 2020, mengatakan langkah tersebut merupakan tindak lanjut himbauan Pemerintah Kabupaten Bone, dan surat edaran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, agar melakukan langkah pencegahan penyebaran Covid-19 di tingkat desa.

“Sebelumnya kami sudah keluarkan surat imbauan, agar warga yang dari luar negeri atau daerah yang yang terjangkit Covid-19 agar melapor di kantor desa kemudian ditindaklanjuti oleh pihak puskesmas untuk diperiksakan kesehatannya. Dan hari ini (Rabu.red), kami mulai melakukan penyemprotan disinfektan di masjid, toko-toko,kios dan rumah warga,” ungkapnya.

Andi Hikmat kembali mengatakan, kegiatan Desa Tanggap Covid-19 ini akan dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang besaran anggarannya akan disesuaikan dengan kebutuhan.

“Kami saat ini tetap melalukan pendataan setiap warga yang baru keluar daerah dan langsung diperiksa oleh tim puskesmas untuk mengecek kesehatannya. Untuk sementara, ada 4 warga kami yang sudah didata, 1 dari Kendari, ada 2 dari Bali dan 1 dari Malaysia,”tutupnya.

Komentar

Rekomendasi

Antisipasi Penyebaran Corona, Pemdes Panyili Bentuk Tim Relawan Desa Tanggap Covid-19

Perangkat Desa Usa Gencar Lakukan Imbauan Pencegahan Virus Corona

Patut Ditiru, Alumni Garmen BLK Bone Sumbang 1.000 Lembar Masker

Cegah Wabah Covid-19, DPD PKS Bone Lakukan Disinfektan di Masjid

Satpol PP Bone Warnai Kemah Bakti Sosial Alumni SPP

Satpol PP Bone Warnai Kemah Bakti Sosial Alumni SPP

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar