Politisi Muda PDIP Tegaskan DAK Fisik Dinkes Bone Segera di Realokasi Tanggap Covid-19

Anggota DPRD Kabupaten Bone, Andi Akhiruddin, ST. (Net)
Anggota DPRD Kabupaten Bone, Andi Akhiruddin, ST. (Net)

Terkini.id, Bone – Anggota DPRD Komisi IV Kabupaten Bone, Andi Akhiruddin ST mengharapkakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bone sebesar Rp 26 Miliar di APBD 2020 direalokasi untuk pencegahan dan penanganan COVID-19 di Kabupaten Bone.

Politisi Muda PDIP Bone tersebut menilai anggaran untuk penanganan Covid-19 masih minim, sehingga DAK Fisik Dinkes Bone tersebut sesuai regulasi menurutnya memungkinkan untuk segera direalokasi.

“Postur 1,5 M tidak cukup, sesuai rilisan saya sebelumya. Pemda Bone harusnya segera merealokasi anggaran APBD. Kami juga sudah mendorong Dinkes untuk merealokasi Anggarannya DAK fisik bidang Kesehatan senilai Rp 10 miliar untuk tanggap COVID-19,” ungkap Andi Baso Ari sapaan akrabnya kepada terkini.id Senin 30 Maret 2020.

Dikatakannya kembali, yang harus menjadi fokus saat ini adalah penanganan sambil berjalan upaya pencegahan.

Penanganan yang mesti dilakukan kata Andi Baso Ari harusnya berbasis data, artinya dari jumlah data ODP (Orang dalam Pemantauan) ditangani dengan maksimal agar tidak menjadi PDP (Pasien Dalam Pemantauan).

Baca juga:

Menurutnya lagi, opsi lockdown belum sepunuhnya bisa diterapkan, jika belum ada skenario yang matang termasuk salah satunya skenario perekonomian.

“Minim APD disebabkan barang yg terbatas dan rata-rata diambil dari luar. Pendapat saya, lebih baik kita memproduksi sendiri, tentunya bisa menumbuhkan home industri. Opsi lockdown sendiri belum bisa diterapkan, jika skenarionya belum matang,” ungkapnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Bone, dr. Yusuf, yang dikonfirmasi menyebutkan realokasi anggaran Dingkes sementar ditindaklanjuti bagian program Dinkes Bone.

“Kami lagi inventarisir program-program yang tertunda atau tidak bisa dilaksanakan karena kondisi saat ini,” pesannya lewat WhatsApp.

Komentar

Rekomendasi

Sambangi Rujab, Rotary Club Ujung Pandang dan Yadika Serahkan APD ke Bupati

Uji Swab 19 Warga Bone yang Diisolasi Keluar, Hasilnya Begini

Surat Keterangan Bebas Covid-19 Ternyata Berbayar, Segini Biayanya

Pengadaan Laptop Anggota DPRD Bone Dihujat Netizen, Saifullah Angkat Bicara

Alhamdulillah, Dua Pasien COVID-19 di Bone Kembali Sembuh

Kasus Positif COVID-19 di Bone Kembali Bertambah, Seorang Perempuan Lansia Asal Desa Paccing Positif Corona

New Normal, Warkop di Bone Kembali Dibuka

Cek Kehadiran Pegawai Pasca Libur Hari Raya Idul Fitri, Bupati dan Wabup Bone Kompak Gelar Sidak

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar