120 Desa di Bone Telah Salurkan BLT Dana Desa Tahap I

BLT Dana Desa (ilustrasi)
BLT Dana Desa (ilustrasi)

Terkini.id, Bone – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap I bulan April di Kabupaten Bone terus digenjot, seiring Instruksi Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Percepatan Penyaluran BLT Dana Desa yang ditandatangani Menteri Desa Abdul Halim Iskandar yang akrab disapa Gus Menteri pertanggal 17 Mei 2020 yang ditujukan langsung kepada para kepala desa.

Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Bone Suardi Mandang kepada terkini.id mengatakan dari 328 desa di 24 Kecamatan di Kabupaten Bone, sebanyak 120 desa telah menyalurkan BLT DD untuk tahap I bulan April dan masih ada 208 desa yang masih melakukan proses verifikasi kepala keluarga calon penerima BLT DD.

Dijelaskannya, percepatan penyaluran BLT DD memang perlu menjadi perhatian pemerintah desa, agar warga yang terdampak pandemik COVID-19 dapat memenuhi kebutuhan pokoknya selama pembatasan aktivitas dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19.

“Dari hasil rekapan kabupaten, data penyaluran BLT DD per hari ini (Rabu,red) desa yang telah melakukan penyaluran BLT DD sebanyak 120 desa dan 208 desa masih proses verfikasi data calon penerima. Sampai hari ini sudah ada desa yang juga telah menyalurkan BLT Dana Desa Tahap II bulan Mei,” ungkap Ator sapaan akrabnya.

Mantan fasilitator PNPM ini melanjutkan, berdasarkan hasil rekapan terakhir dari pendamping desa dari 303 desa di Kabupaten Bone, jumlah penerima BLT DD sebanyak 17.478 kepala keluarga yang telah disahkan oleh pemerintah kecamatan dan sebanyak 25 desa belum melaporkan.

Baca juga:

“Selama pandemik Covid-19 ini, rekan-rekan pendamping desa disemua jenjang telah maksimal melakukan fasilitasi percepatan penyaluran BLT DD. Keterlambatan penyaluran di beberapa desa disebabkan beberapa faktor, diantaranya menghindari adanya penerima ganda program bantuan langsung yang dikucurkan pemerintah baik dari pusat, provinsi maupun dari kabupaten, dan adanya beberapa desa belum mencairkan dana desanya,” ungkapnya.

Komentar

Rekomendasi

Sambangi Rujab, Rotary Club Ujung Pandang dan Yadika Serahkan APD ke Bupati

Uji Swab 19 Warga Bone yang Diisolasi Keluar, Hasilnya Begini

Surat Keterangan Bebas Covid-19 Ternyata Berbayar, Segini Biayanya

Pengadaan Laptop Anggota DPRD Bone Dihujat Netizen, Saifullah Angkat Bicara

Alhamdulillah, Dua Pasien COVID-19 di Bone Kembali Sembuh

Kasus Positif COVID-19 di Bone Kembali Bertambah, Seorang Perempuan Lansia Asal Desa Paccing Positif Corona

New Normal, Warkop di Bone Kembali Dibuka

Cek Kehadiran Pegawai Pasca Libur Hari Raya Idul Fitri, Bupati dan Wabup Bone Kompak Gelar Sidak

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar