Pemda Bone Telah Kucurkan Rp 5,6 Miliar Bantuan Jaring Pengaman Sosial

Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bone A. Promal Pawi saat menyalurkan bantuan sosial safety net (Jaring Pengaman Sosial) bagi warga yang terdampak Covid-19 beberapa waktu lalu. (ist)
Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bone A. Promal Pawi saat menyalurkan bantuan sosial safety net (Jaring Pengaman Sosial) bagi warga yang terdampak Covid-19 beberapa waktu lalu. (ist)

Terkini.id, Bone – Pemerintah Kabupaten Bone telah mengucurkan bantuan Sosial Safety Net (Jaring Pengaman Sosial) atau bantuan langsung tunai sebesar sebesar Rp 5.693.890.000 miliar yang bersumber dari Belanja Tak Terduga (BTT) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bone Tahun 2020 untuk penanggulangan dampak sosial bagi warga yang terdampak COVID-19.

Besaran dana yang didapatkan tiap rumah tangga dari Bantuan Langsung Tunai (BLT) APBD ini Rp 200.000 perbulan ditambah 5 kg beras selama 3 bulan.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bone Andi Promal Pawi ketika dihubungi terkini.id Selasa 26 Mei 2020.

Dikatakannya, dengan adanya bantuan langsung tunai tersebut diharapkan mampu mengurangi beban keluarga miskin dan rentan dari dampak ekonomi akibat penyebaran virus Covid-19.

“Jumlah dana alokasi Sosial Safety Net dari APBD Kabupaten Bone senilai Rp 5.633.890.000 dan sudah ada 3 kecamatan Kota yang sudah di salurkan yakni Kecamatan Tanete Riattang, Tanete Riattang Barat dan Tanete Riattang Timur,” jelas Puang Ommang sapaan akrabnya.

Mantan Kadis Kebudayaan Kabupaten Bone tersebut lanjut menjelaskan jumlah penerima jaringan pengaman sosial APBD Kabupaten Bone tersebut sebanyak 20.726 rumah tangga.

Data penerima kata Andi Promal Pawi bersumber dari pendataan tingkat desa dan kelurahan yang bukan rumah tangga penerima bantuan PKH, BPNT, BST Kemensos dan BLT Dana Desa.

Terpisah, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Bone H. Najamuddin menjelaskan total anggaran penanganan dan penanggulangan Covid-19 dari hasil realokasi anggaran sebesar Rp 82.157.500.000 miliar dan Rp 5.693.890.000 untuk Sosial Safety Net (Jaring Pengaman Sosial) telah disalurkan melalui Dinas Sosial Kabupaten Bone kepada warga yang terdampak wabah Covid-19.

Dikatakannya lagi, total anggaran sosial safety net pada Belanja Tak Terduga (BTT) Rp 16,5 miliar dan selebihnya ada pada kegiatan OPD terkait.

“Jadi kalau sosial safety net itu pada belanja tak terdua hanya Rp 16,5 miliar, selebihnya ada pada kegiatan OPD terkait,” Pungkasnya.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Sambangi Lokasi Banjir, Bupati Bone Serahkan Bantuan di 4 Kecamatan Bone Utara

Banjir Bone Utara Rendam Ratusan Rumah, Wakapolres Bone Pantau Lokasi Banjir

Bupati Tegaskan Maksimalkan Penyaluran Bantuan di Luwu Utara Luwu Utara

Bupati Bone Lakukan Peletakan Batu Pertama Jembatan Desa Watu

Gelar Sosialisasi Perda Pengendalian Penyembelihan Ternak Produktif, Ini Harapan A. Mangunsidi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar