Normalisasi Masjid, Begini Penjelasan Ketua DMI Bone

Wakil Bupati Bone Ambo Dalle yang juga Ketua DMI Kab. Bone saat memberikan arahan di hadapan warga migran Bone saat tiba di Posko Induk Gustu PPC-19 Bone di Jalan Ahmad Yani Watampone, Jumat 5 Juni 2020.
Wakil Bupati Bone Ambo Dalle yang juga Ketua DMI Kab. Bone saat memberikan arahan di hadapan warga migran Bone saat tiba di Posko Induk Gustu PPC-19 Bone di Jalan Ahmad Yani Watampone, Jumat 5 Juni 2020.

Terkini.id, Bone – Pasca penutupan dan pelarangan sementara salat berjamaah di Masjid dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Corona (COVID-19) yang berlangsung kurang lebih dua bulan, kini umat Muslim di Kabupaten Bone bisa bernafas lega.

Pasalnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Bone mulai melonggarkan dan memperbolehkah salat berjamaah di Masjid termsuk pelaksanaaan Salat Jumat dengan beberapa ketentuan protokol kesehatan yang mesti diterapkan oleh pengurus masjid.

Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Bone Ambo Dalle kepada terkini.id saat ditemui di Posko Induk Gustu PPC-19 Jumat, 5 Juni 2020.

“Sekarang ini banyak desakan dari pengurus masjid, untuk diizinkan pelaksanaan salat berjamaah termasuk salat Jumat, itu tidak ada masalah. Yang penting untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, pengurus masjid mesti mempersiapkan protokel kesehatan dengan menyiapkan tempat cuci tangan, semua jamaah memakai masker dan diatur jarak. Kalau protokel kesehatan itu sudah disiapkan, saya kira tidak ada masalah,” jelas Ambo Dalle yang juga Wakil Bupati Bone.

Mantan Ketua DPRD Bone dua periode tersebut kembali mengatakan pemerintah akan mengeluarkan rekomendasi secara resmi terkait normalisasi masjid setelah ada pertimbangan teknis dari tim gugus.

“Sementara ini tim gugus melaksanakan rapid test secara massal diseluruh kecamatan. Nanti hasilnya, akan memberikan gambaran untuk pemberian rekomendasi secara resmi oleh pemerintah bersama jajaran Forkopimda terkait normalisasi masjid dan tempat ibadah lainnya,” jelas Ambo Dalle yang juga Wakil Bupati Bone.

Mantan Ketua DPRD Bone dua periode tersebut lanjut menjelaskan, sebagai tindak lanjut, hari ini (Sabtu.red) akan dilakukan penyemprotan disinfektan secara massal diseluruh rumah ibadah dengan melibatkan personil TNI-Polri dan Palang Merah Indonesia (PMI), yang akan dilepas di Masjid Al Markaz Al Maarif.

“Kami harapkan agar masyarakat dapat sabar dan jangan memaksakan kehendak. Intinya tetap disiplin mengikuti protokoler kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Insyah Allah, Jumat depan Masjid Al Markaz sudah mulai melaksanakan salat Jumat berjamaah,” kuncinya.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Buka Pemilihan Duta Anak, Bupati Bone: Pilih yang Terbaik Atas Nama Bone

Rombongan Tim Polda Sulsel Tiba di Bone, Bupati Bone Sambut dengan Mesra

Kerahkan Ribuan Orang ke Desa Lampoko, Bupati Bone Lakukan Ini

Kunjungi Pilot Project Keramba Jaring Apung Uloe, Wagub : Jadi Motivasi Desa Kreatif dan Majukan Ekonomi

Bupati dan Ketua DPRD Bone Kompak Pantau Penyaluran Bantuan JPS

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar