Kadis Ketapang Bone Keliling Bagikan Benih Sayur

Kadis Ketapang Kabupaten Bone H. A. Asman Sulaiman menyerahkan benih sayur yang diterima langsung Danramil Palakka CHB Eko Hermawanto, Selasa 9 Juli 2020.
Kadis Ketapang Kabupaten Bone H. A. Asman Sulaiman menyerahkan benih sayur dan bibit pohon yang diterima langsung Danramil Palakka CHB Eko Hermawanto, Selasa 9 Juli 2020.

Terkini.id, Bone – Komitmen Dinas Ketahanan Pangan Kaupaten Bone untuk mewujudkan ketahanan ekonomi dan ketersedian pangan di Kabupaten Bone patut diajungi jempol.

Melalui kemitraan dengan TNI dan Polri serta keterlibatan kelompok pemuda tani di desa, diharapkan mampu menjadi lokomotif gerakan menanam sayur dengan memanfaatkan pekarangan.

Seperti yang dilakukan hari ini, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Bone A. Asman Sulaiman keliling ditiga lokasi yang berbeda untuk membagikan bibit sayur yakni Koramil Palakka, Kapolsek Libureng, sejumlah desa di Kecamatan Libureng dan Desa Awo, Kecamatan Barebbo.

Di Koramil Palakka, Kadis Ketapang menyerahkan langsung benih sayur dan pohon kepada Komandan Koramil (Danramil) 1407-21/Palakka, Kapten CHB Eko Ermawanto.

“Kami serahkan benih sayur dan bibit pohon. Kita coba dulu untuk memulai dipekarangan kantor koramil dan binaan beberapa desa di Bone,” ujar Asman.

Khusus di desa kata Asman, benih sayur dan bibit pohon sudah disebar sejak Januari lalu.

“Untuk Kecamatan Palakka, ada lima desa yang kita jadikan Lokus (Lokasi Khusus). Namanya GTSB atau Gerakan tanam sayur dan buah. Alhamdulillah masyarakat cukup terbantu dengan adanya gerakan ini,” kata Asman.

Didampingi Kabid Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan Sahruddin, dan Kasi Komsumsi Paangan, Jamilah Kadis Ketapang Kabupaten Bone H Andi Asman Sulaiman mendatangi sejumlah desa di Kecamatan Libureng Kabupaten Bone.

“Kami juga menyerakan benih sayur di Kapolsek Libureng. Untuk memulai menanam benih sayur dan bibit tumbuh cabe di halaman kantornya serta meminta bantuan Babinkamtibmas untuk mengajak masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya,” jelas H Andi Asman Sulaiman.

Ia menambahkan, setelah menyerahkan benih dan bibit tumbuh cabe ke Polsek Libureng, H Andi Asman Sulaiman melanjutkan perjalanan ke desa lokasi khusus (Lokus) Kelompok Wanita Tani (KWT) di Desa Putumpidange dan Desa Laburrasseng Kecamatan Libureng.

“Kami menyerahkan benih 7 macam dan bibit tumbuh cabe ke desa lokus KWT Desa Putumpidange dan Desa Laburrasseng serta ke masyarakat desa lainnya. Kita tentu mengharapkan bantuan TNI-POLRI khususnya Babinsa dan Babinkamtibmas agar mengajak dan mengajari warga dalam hal pemanfaatan lahan pekarangan rumah,” ungkap H Andi Asman Sulaiman.

H Andi Asman Sulaiman juga menjelaskan bahwa, pendistribusian benih sayuran dan bibit tumbuh cabe ini agar masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan untuk menanami sayuran dalam rangka mengatasi masalah gizi kronis yang disebabkan asupan gizi yang kurang dalam waktu yang lama, juga dapat meningkatkan ekonomi keluarga.

Terakhir, Kadis Ketapang Kabupaten Bone H Asman Sulaiman mengunjungi lokasi pembibitan di Desa Awo yang di Kelola Pemuda Pemakmur Bumi (GPPB).

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Gelar Reses di Tengah Pandemi, A. Mangunsidi Serap Curhat Masyarakat

Unit Resmob Polres Bone Berhasil Bongkar Kasus Penjualan Bibit Jagung Bersubsidi di Amali

Terlibat KDRT, Pria Ini Diciduk Polisi di Rumah Istri Kedua

Live Radio RRI Jakarta, Danyon C Pelopor Blak-Blakan Soal Penangangan COVID-19 Menuju Normal Baru

Halal Bil Halal dengan Para Awak Media, Danyon C Pelopor Jamu Hidangan Ala Dapur Lapangan TNI-Polri

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar